Kota Kinabalu

hanya sedikit, apa yg bisa diceritakan tentang Kota Kinabalu (KK) karena kesini cuma tempat transit dari Jakarta ke Manila.

perjalanan by Airasia memakan waktu 3 jam kurang, sampai di Kota Kinabalu International Airport di daerah Tanjung Aru sekitar 20.15 waktu setempat. Airasia mendarat di T2 yg merupakan budget terminalnya. kebetulan gw mendapat tiket gratis dari Airasia, total cost PP (dalam Indonesian Rupiah’s) : 105k (75k airport tax, dan 30k convenience fee).

berhubung Airasia ke Manila hanya ada 1 x penerbangan pada siang hari, maka pilihannya kita harus cari hotel, atau menginap di airport. untungnya, gw mendapat kamar dengan harga murah di Tune Hotel. hanya sayangnya, lokasi Tune ini jauh dari city center, sekitar 30 menit by bus. kalau mau cari dekat airport, gw lihat Megah d”Aru Hotel sekitar 20 menit by walk dari airport, atau The Crown Borneo Hotel.

setelah keluar dari imigrasi, jangan lupa pergi ke tourist information center, ambil map gratis, dan tanya-tanya ke petugasnya buat cari info. ternyata bus terakhir dari airport ke city center jam 5 sore. kalau mau ke kota, harus naik taxi, dengan rate 30 RM. walah, bisa tekor karena gw cuma travel sendirian. uang di kantong hanya ada 15RM, itupun sisa-sisa dari trip sebelumnya. pilihannya cuma ambil uang di ATM, tapi tidak jadi pilihan karena gw tidak niat stay lama disini.

akhirnya gw nekat saja jalan kaki ke luar airport. dari pintu keluar ambil kanan, terus jalan saja lurus sampai mentok ketemu bunderan, nyebrang ambil ke kanan, maka sudah berada di Jalan Mat Saleh. lumayan juga jaraknya ke depan,  ada 5-10 menit by walk. menurut info yg gw baca, ada bus nomor 117, rutenya dari Tanjung Aru ke terminal bus di Wawa-san Center.

feeling gw sepertinya kalau sudah malam memang sudah tidak ada bis lagi yg beroperasi, tapi gw jalan terus sampai melewati Tanjung Aru Plaza, mampir di 7 eleven beli air minum 500ml dengan harga 1.5RM. tergolong mahal sih, tapi daripada dehidrasi, belum minum dari sore. info dari penjaga kasirnya, mungkin masih ada bus, jalan saja lurus sampai ketemu bunderan lalu belok kiri, ketemu pertigaan belok kanan, letak halte bus sebelum kantor pos. BTW hotel Megah d’Aru lokasinya di dekat sini juga.

setelah belok kiri, gw lihat ada kantor polisi. gw coba masuk saja, siapa tahu mereka bisa memberi petunjuk yg lebih jelas. dari luar terlihat sepi sekali, tapi gw masuk saja sampai ke dalam kantor. ada beberapa polisi lagi duduk di belakang meja.

“ehm, excuse me sir. can-you-tell-me-where-I-can-find-a-bus-to-city-center ?”

salah satu polisi berdiri tapi seperti sedikit bingung, terus nanya, “u bisa cakap melayu ?”

sudah tentu bisa, inggris gw juga masih belepotan😀

“u mesti jalan lagi sampai depan, tapi sepertinya jam segini sudah tidak ada lagi bus. u mesti naik taxi.”

waduh, sudah jalan sejauh ini, mesti naik taxi juga. cape deh….

” btw u melayu ? muslim ?”

awalnya gw sedikit bingung juga ditodong pertanyaan seperti itu. gw diminta menunggu sebentar, lalu polisi tersebut masuk ke dalam lagi. ternyata dia mengambil kunci mobil, lalu menawarkan untuk mengantarkan ke kota. mungkin karena kasihan melihat turis kere, dengan muka memelas dan penuh keringat. jadi tidak enak nih….😀

“maaf jadi merepotkan, tidak sedang sibuk sir ?”….. sedikit basa basi

“tidak, anggap saja ibadah.”

Alhamdulillah ketemu polisi baik banget, semoga Tuhan membalas semua amal ibadahnya. amin….

“sudah pernah naik mobil polisi sebelumnya ?”

“wah, ini pengalaman pertama kalinya” sekalinya naik mobil polisi, justru di negara lain😀

gw di drop di Wari-san Square, di halte depan mall ada shuttle bus gratis yg menuju ke 1Borneo Hypermall, yg juga satu lokasi dengan Tune Hotel Kinabalu. kita mesti ke konter tiket dulu, nanti ditanya nama, menginap dimana, dan jam berapa mau berangkat ke 1Borneo. setelah itu kita akan diberi tiket bus. jadwal shuttle bus mulai dari jam 9 pagi sampai 10 malam setiap jam. ingat ! karena keterbatasan seat, jadi sistemnya first come first serve. kalau jalan kaki dari terminal bus di Wawa-san Center sampai ke sini sekitar 10 menit.

mall 1Borneo ini tidak sebesar dan semegah seperti apa yg gw bayangkan, tergolong biasa saja. karena itu mungkin disediakan bus gratis. lokasi dari Tune Hotel menempel dengan mall, letaknya di paling ujung. terus gw check in di Tune, bayar deposit 5 RM. lift berada di dalam mall, sehingga kita mesti keluar dari pintu belakang dulu. jadi ke lantai atas bisa diakses lewat mall. cukup aman kalau mau masuk berame-rame, asalkan kamarnya muat.

kalau harus dibandingkan dengan Tune lain yg pernah gw inap, Tune Kinabalu ini paling jelek malah, cuma keunggulannya kamar lebih besar. walau secara umum, dengan harga 10.5RM untuk double room standar, masih worthy, apalagi jika cuma transit. and like the other Tune Hotel, gw sudah merasa cukup dengan fan saja, tanpa harus nambah AC. kamarnya sudah cukup sejuk, even for me, yang sering kepanasan.

yg harus dipertimbangkan adalah lokasinya yg cukup jauh. terutama kalau kalian tiba di airport sudah malam, harus diperhitungkan juga biaya taxi. padahal kalau bisa naik bus, hitungannya cuma kurang dari 2 RM / orang.

kita juga bisa pakai komputer selama 30 menit di lantai 2 buat internet, tapi harus minta password dulu ke penjaganya. kalau mau belanja, prefer ke Orange, yg letaknya di sebelah Tune, lebih murah daripada toko di Tune. air minum 1.5L cuma 1.5RM. malam itu gw melewatkan makan malam, selain karena hanya punya sedikit ringgit, gw juga bawa roti dari Jakarta. lumayanlah buat ganjel sampai besok pagi.

sayangnya, jadwal bus gratis paling pagi ke kota jam 9.00. jadinya hanya punya sedikit waktu buat explore KK, karena pesawat ke Manila berangkat jam 13.40. bisa saja naik bus umum dari jalan Sula-man, tapi gw prefer naik bus gratis. lokasi tiket ada di lantai dasar dekat pintu belakang mall. disana kita harus ambil tiket terlebih dahulu. usahakan datang sebelum jam 9.00, in case banyak orang yg ingin pergi ke kota juga. busnya nyaman, & ber-AC, tapi ukurannya tidak besar, mungkin hanya sekitar 20 seat.

untuk gambaran, Wari-san Square ini lokasinya persis di seberang Anjung Samudera (Waterfront). di deretan Waterfront, ada resto seafood, pasar oleh-oleh, Handycraft Market dan Central Market. di belakang Wari-san, ada Centre Point Shopping Mall, disini mirip ITC. ada money changer dan foodcourt. nasi ayam dengan sambel+tempe+kacang, cuma 3.7RM.

kalau mau naik bus ke airport, dari Wari-san Square, ambil jalan ke kiri sampai ketemu Parkson, mentok belok kiri, akan ketemu Wawa-san Center. persis seberangnya sudah terminal bus. jalan kaki sekitar 10 menit, tapi gw ingatkan, bisa capek kalau jalan kaki karena udaranya panas & terik banget kalau siang. di terminal, cari saja bus ke airport, busnya tidak besar, mirip kopaja di Jakarta, tapi ber-AC (yg pasti lebih nyaman dari kopaja). tarip 1.5RM dengan lama perjalanan kurang lebih 30 menit.

kalau kalian ada waktu lebih di KK, bisa menyusuri Waterfront, atau pantai Tanjung Aru, sambil melihat sunset di waktu sore. pada malam hari, bisa pergi ke Night Market di daerah Kampung Air, tidak jauh dari Centre Point. kalau kebetulan datang di hari minggu, bisa mengunjungi Sunday Market di Jalan Gaya.

download Kinabalu Map (PDF)

Trip to Malaysia

θ Kuala Lumpur

θ Off KL: Genting Highlands, Melaka & Sleep Train to SG

θ Kota Kinabalu

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Leave a Reply

