Sightseeing in Singapore part 2

Little India, Bugis, & Arab

karena rencananya mau keliling SG dulu sebelum menuju JB, maka berdasarkan hasil riset, gw menitipkan koper di The InnCrowd Backpackers’ Hostel, 73 Dunlop Street. lokasinya juga dekat dengan Queen St, stasiun bus untuk ke JB.

dengan MRT, dari airport tukar kereta di Tanah Merah St. terus naik EW line ke arah Joo Koon, turun di Bugis St. untuk arah jelasnya bisa lihat peta di bawah

dari bugis street kalau mau ke Kampung Bugis tinggal menyebrang. ke Sim Lim Square yang terkenal sebagai pusat elektronik juga sudah dekat.

sedang kalau mau ke Kampung Arab, dari bugis tinggal menyusuri queen street memotong rochor rd sampai mentok ketemu arab street. di sisi kiri pertigaan ada terminal bus menuju ke JB. belok kanan menyusuri arab street sampai ketemu muscat street di sisi kiri jalan. di muscat street akan kita jumpai Masjid Sultan, yang merupakan masjid terbesar di singapore. di area depan masjid juga banyak toko-toko penjual souvenir & makanan, yang salah satunya restoran minang. jalan terus sampai kandahar street bisa kita jumpai Malay Heritage Center & Istana Kampung Glam.

di Dunlop Street juga ada masjid yaitu Masjid Abdul Gafoor. disini juga ada keran khusus buat minum dan airnya juga dingin, jadi lumayan buat mengisi botol. memang sih, katanya kalau air ledeng di SG bisa buat minum, tapi kok bagi gw rasanya agak aneh. kamar mandinya masih kalah bersih kalau dibandingkan dengan Masjid Sultan. dari sini menuju ke inncrowd sudah dekat sekali, jadi kalau mau menginap disini tidak susah juga untuk mencari tempat sholat.

begitu sampai di inncrowd, langsung terasa hawa backpacker-nya. di samping kiri kanan ada semacam kafe resto dan 7eleven. letaknya juga di tengah-tengah Little India, kalau mau ke Mustafa Center juga enggak terlalu jauh. jadi secara lokasi sudah cukup bagus.

kalau menitipkan bagasi, hitungannya 3 sgd/ koper, dan tanpa loker. jadi ditaruh saja di belakang kasir. untuk lihat rate Inncrowd klik disini

ke MRT Little India St. lebih dekat dari sini, jadi kalau mau ke Sentosa Island, tinggal naik MRT melewati 4 stasiun : Dhoby Ghaut (interchange station ke NS line & CC line), Clarke Quay, Chinatown & Outram Park (interchange station ke EW line), turun di HarbourFront St, kemudian melanjutkan naik Sentosa Express.

karena tujuan gw adalah Orchard Rd, gw turun di Dhoby Ghaut terus menyambung NS line ke arah Jurong East.

Orchard Rd

Orchard Rd dikenal sebagai area shopping mall, dimana di sepanjang jalan akan banyak dijumpai mall, hotel, cafe dan resto. selain itu juga terdapat RS Elizabeth dan Lucky Plaza yang cukup terkenal di Indonesia. banyak orang Indonesia yang berobat disana, dan sebagian besar menginap di apartemen lucky plaza.


di Orchard juga ada masjid yaitu Al-Falah Mosque. untuk menuju kesini, dari Ion jalan saja ke arah Lucky Plaza – setelah Paragon, ketemu perempatan belok kiri ke Bideford Rd, kemudian belok kanan di pertigaan. lokasinya sebelah kiri jalan, hanya saja bentuknya tidak seperti masjid pada umumnya karena berada di dalam gedung. pembedanya hanya satu dengan ruangan di sebelahnya, yaitu ada tempat sepatu/sandal di depan pintu masuk.

Esplanade

disini terkenal dengan Esplanade Theaters on The Bay yang berbentuk seperti durian. selain itu juga ada Singapore Flyer, The Helix, Marina Bay Sands, Patung Merlion, One Fullerton dan foodcourt Makansutra Gluttons Corner yang terletak di sebelah Esplanade Mall, menghadap langsung ke kawasan marina bay.

konsep makansutra seperti jajanan outdoor dengan stan pedagang berjejer rapi. di depannya tersedia banyak meja dan kursi, kalau sudah menjelang malam ramai sekali, bisa sulit mendapatkan tempat. harga makanannya agak mahal bagi kantong gw, 2 porsi yang terdiri dari nasi goreng seafood dan oyster omelette menghabiskan 20 sgd. rasanya menurut gw biasa saja, keunggulannya hanya di lokasi.

kalau menurut gw, daerah esplanade ini merupakan tourist attractions nomor satu di singapore, karena banyak banget spot turis disini. selain tempat-tempat di atas, juga bisa dijumpai Fountain of Wealth di Suntec City. terus dari merlion lewat underpass starbucks, kita bisa melihat Cavenagh Bridge, Parliament House, Supreme Court, City Hall, The Padang, War Memorial Park & St Andrews Cathedral, terus menyusuri Boat Quay & Clarke Quay untuk melihat nightlife. jangan lupa juga untuk mencicipi es krim 1 sgd, yang dijual oleh penjual bersepeda di sepanjang sungai. ada bermacam-macam rasa dan lumayan enak.

Trip to Singapore

θ Sightseeing in Singapore part 1

θ Sightseeing in Singapore part 2

θ Sightseeing in Singapore part 3

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: