Trip to Kuala Lumpur

sebenernya gw udah dua kali ke KL, dengan jarak antar trip selang beberapa tahun. tapi sayangnya dokumentasi gw yang pertama hilang, jadi sebagian hanya mengandalkan ingatan, yang mudah-mudahan sih benar. kalau ada sedikit kerancuan, harap dimaklumi karena mungkin tercampur aduk antara trip pertama dan yang kedua.

LCCT Airport

Low Cost Carrier Terminal, airport buat budget airlines, khusus digunakan untuk  Airasia, airline selain itu menggunakan KLIA Airport. jarak antara airport sekitar 15 km, ada shuttle bus yang menghubungkan kedua airport ini.

untuk menuju ke downtown, ada beberapa pilihan

1. by Bus, bisa menggunakan Skybus, Aerobus atau Starshuttle. Skybus merupakan official partner dari Airasia, tiket 9 RM / one-way. untuk mendapatkan tarip yang lebih murah gw sarankan untuk langsung booking pada saat memesan tiket Airasia sekaligus buat PP. cukup perlihatkan print-out tiket ke timer bus, begitu juga waktu pulangnya. kalau belum beli tiket online, lebih murah menggunakan Aerobus, tiket 8 RM / one-way atau 14 RM / two-way. dua bus ini akan berhenti di KL Sentral. sedangkan Starshuttle melayani jurusan ke Ipoh dan stasiun Puduraya. jadwal keberangkatan dari LCCT mulai jam 04.30 am sampe 03.00 am, dengan lama perjalanan sekitar 1 jam.

2. by Taxi, tarip sekitar 70 RM

3. by charter Skyvans, cocok buat rombongan besar, tarip mulai dari 100 RM

4. by KLIA Transit, tiket 12.5RM / one-way, atau 22 RM / two-way sampai KL Sentral. dari LCCT kita akan ditansfer by shuttle bus ke Stasiun Salak Tinggi, kemudian baru dilanjutkan dengan train. jadwal mulai jam 07.25 sampai 00.35. detail bisa dicek disini.

kalau kebetulan transit di LCCT dan mau cari hotel buat istirahat, bisa menginap di Tune Hotel. jaraknya cuma 7 menit by walk dari departure hall, cukup jalan ke arah tempat keberangkatan bus, kemudian mengitari foodcourt Food Garden, dan melewati Pos Malaysia. kalau capek jalan kaki, tersedia juga shuttle bus dengan tarip 1 RM.

tipe hotel ini mirip-mirip Airasia, artinya serba minimalis. kalau kita mau nambah ac, handuk, wifi atau hairdryer, kita harus bayar lagi. kalau gak, harus puas dengan fan saja. tapi keunggulannya terletak di bed dan showernya, yang promosinya setaraf bintang 5. kalau kita booking jauh-jauh hari bisa dapat harga murah banget, seperti waktu itu, gw dapet 11 RM untuk single room. yg harus diingat kamarnya sangat sempit, jadi tidak nyaman dipake buat rame-rame.

untuk informasi lengkap mengenai LCCT bisa klik disini

KL Sentral

KL Sentral merupakan pusat semua transportasi di KL, hampir semua jenis transportasi terintegrasi disini, seperti KTM (kereta apinya Malaysia untuk ke luar kota, misalnya ke Singapur atau Thailand), KTM Komuter, KLIA Express/Transit, KL Monorail dan Bus RapidKL. kalau mau melanjutkan ke Genting, bisa naik Go Genting Bus. mereka juga menyediakan sistem paket dengan permainan outdoor dll.

di seberang KL Sentral banyak tersedia hotel budget dengan tarip sekitar 50 RM. harga yang tertera negotiable. dari sisi lokasi memang masih cukup jauh dari tengah kota, tapi kalo mau akses gampang ke airport, disini tempat yg paling tepat. yang harus diingat  jam operasi transportasi publik di KL antara jam 06.00 sampai 23.30, sehingga di luar jam itu harus menggunakan taxi.

Puduraya Bus St

lokasinya di jalan Pudu, dekat dengan Chinatown. untuk menuju kesini bisa dengan bus atau dengan Star LRT, turun di Plaza Rakyat St. kalau kita mau ke Singapur atau Thailand atau kota lain bisa naik bus dari sini. ada beberapa provider bus, yg terpercaya adalah Transnational Express, busnya pemerintah Malaysia.

estimasi harga (RM) dan lama perjalanan :
Melaka – 10 (2.5 Hrs)
Penang – 25 (5 Hrs)
Johor Bahru – 20 (4 Hrs)
Singapore – 25 (5.5 Hrs)
Hat Yai (Thailand) – 45 (9 Hrs)

info terbaru, stasiun ini lagi dipugar sehingga direlokasi ke Komplek Bukit Jalil. Tersedia RapidKL Shuttle buses, dari Puduraya ke Bukit Jalil & sebaliknya dengan tarip 2 RM.

Petaling Street (Chinatown)

terkenal dengan pasar malamnya, kita bisa menjumpai banyak barang-barang bermerek tapi palsu, souvenir, dan chinese food. untuk mendapatkan harga murah, seperti di Indonesia, selalu bargain minimal setengah harga. kalau malam, jalanan akan dipenuhi kios-kios pedagang, sehingga akan penuh sesak. hati-hati dengan uang & barang berharga, karena dimana-mana selalu ada copet.

di Petaling banyak hotel-hotel murah dan terjangkau, waktu itu gw sempat menginap di StayOrange Hotel. kalau mau mendapatkan harga murah, kuncinya mesti memesan beberapa bulan sebelumnya lewat website. kalau go show, harganya kemahalan. waktu itu, gw bisa dapat harga 23.7RM untuk single bed, dan 11.5RM untuk tipe bunk bed (2 orang). fasilitas yang didapat sudah AC, tv, wifi, towel & sabun, kamar mandi dalam (kecuali bunk bed yang harus sharing). minusnya, tidak ada lift (sedangkan hotelnya 5 lantai), kamar juga sempit banget, pintu kamar mandinya transparan, dan tidak ada fasilitas parkir & kolam renang. lokasinya persis di sebelah kiri gerbang Petaling Street, sebelah McD.

di seberang jalan ada mall Kotaraya, tidak jauh dari sana ada stasiun bus Puduraya. sedangkan kalau ke arah KL Sentral, ada Central Market / Pasar Seni. ke semua tempat bisa ditempuh by walk. di CM juga banyak dijual souvenir, tempatnya juga lebih nyaman karena ada AC. untuk menuju kesini bisa naik Putra LRT, turun di Pasar Seni St. dari KL Sentral hanya berjarak 5 menit by bus dengan tarip sekitar 1 RM, bisa naik Rapidkl nomor B112, atau bus jurusan Kotaraya.

KLCC

Kuala Lumpur City Centre, disini kita bisa jumpai menara Twin Tower Petronas, yang merupakan salah satu landmark KL. selain itu juga terdapat mall Suria, Aquaria, Petrosains, and Petronas Art Gallery (Galeri Petronas). di belakang KLCC, terdapat KLCC Park, tempat yang nyaman banget buat rekreasi atau sekedar joging. KLCC dikelilingi oleh banyak gedung-gedung bisnis, tempat hiburan maupun hotel-hotel. salah satu landmark yg tidak jauh dari sini adalah KL Tower, yg letaknya di Bukit Nanas. cuma tidak gratis seperti Twin Tower (tarip 38 RM, open from 9 am-10 pm).

untuk masuk ke Skybridge Twin Tower disarankan untuk antri ambil tiket dari pagi sekitar jam 6-7, karena jatah kunjungan per hari dibatasi sehingga biasanya jam 11 siang tiket sudah habis. konter tiket terletak di Concourse Floor (underground), buka mulai dari jam 8.30 am. Skybridge buka setiap hari selasa sampai minggu dari jam 9.00 am sampai 5.00 pm.

untuk menuju kesini bisa naik LRT Putra, turun di KLCC St. yg letaknya di underground. kalau berangkat dari Pasar Seni, bisa naik bus dari belakang pasar, stop di jalan Ampang.

Bukit Bintang

daerah ini bisa dibilang merupakan pusatnya shopping dan night life di KL, mungkin mirip dengan Orchard Road di Singapur. lokasinya juga strategis di tengah kota, dekat kemana-mana.

ada banyak tempat perbelanjaan, diantaranya Berjaya Plaza, Berjaya Times Square, Bukit Bintang Plaza, Imbi Plaza, Pavilion KL, Starhill Plaza, Lot 10, Low Yat Plaza (pusat elektronik), Sungei Wang Plaza (mirip ITC). selain itu bagi penggemar cokelat bisa mendatangi Beryl’s Chocolate Kingdom, alamat lengkapnya : Jalan Utara No 38, Off Jalan Imbi.

untuk menuju kesini bisa naik Monorail, turun di Bukit Bintang St. begitu keluar sudah langsung ke Sungei Wang Plaza dan BB Plaza. kalau dari KLCC, bisa naik bus B103.

Trip to Malaysia

θ Kuala Lumpur

θ Off KL: Genting Highlands, Melaka & Sleep Train to SG

θ Kota Kinabalu

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: