Bali Last Day

tujuan utama hari ini ke Tanah Lot, tapi sebelumnya mau melihat pantai Dreamland dulu. menurut info, kabarnya bagus sekali.

berangkat dari hotel jam 7.30 pagi, langsung meluncur ke arah Uluwatu, lewat Jalan Ngurah Rai.
tidak jauh dari pertigaan Jalan Kuta dan Jalan Legian, ada warung makan muslim, dengan harga yg terjangkau dan masakan yg cukup enak. makan & minum sekitar 10k – 15k.

Dreamland
kalau menyusuri Jalan Uluwatu, setelah Garuda Wisnu Kencana (GWK), kalian akan melihat pintu gerbang Pecatu Indah Resort di sebelah kanan jalan. dari situ masuk saja ke dalam dengan jalan menurun. daerahnya sedikit mirip dengan komplek Dago Pakar di Bandung. bedanya, di Bandung tidak ada pantainya.

di tempat parkiran dikutip biaya 15k / mobil. dari situ kita harus menuruni jalan yg cukup terjal dan berbatu untuk menuju pantai. karena gw datang pagi sekali, pantainya masih sepi banget. gagal melihat pemandangan 17+

di sana ada semacam food court dan kafe. di bawahnya sudah disusun tempat buat berjemur untuk disewakan. pantainya memang privat & tidak penuh seperti Kuta. viewnya juga bagus, cuma tidak bersih juga. sempat gw jumpai sampah-sampah kecil di sepanjang pantai.

kalo tujuannya cuma mau melihat pantai sekilas saja, sepertinya tidak worthy, apalagi dilihat dari aksesnya yg cukup susah, plus ada restribusi lagi.

kalau kalian masih banyak waktu, ada beberapa spot yg searah dengan Dreamland, seperti GWK, Pura Uluwatu, Pantai Bluepoint, Jimbaran. sayangnya kita ada janji siangnya dengan seseorang di Denpasar.

sesuai rencana kami langsung menuju ke Tanah Lot. lokasinya memang tidak searah dengan Dreamland. kalau Dreamland di selatan, Tanah Lot berada di atas Legian / Seminyak. justru dari Tune Hotel lebih dekat ke Tanah Lot.

Tanah Lot
jalan ke Tanah Lot cukup menyusahkan karena ketemu banyak belokan atau perempatan. ditambah papan petunjuk yg sering tidak ada. saranku, sering-sering  bertanya daripada nanti kelewatan.

tarip masuk : 7.5k / orang, 5k / mobil

sepanjang jalan menuju pintu gerbang akan banyak dijumpai toko-toko souvenir dan tempat makan. secara umum, barang yg dijual disini sudah fix price alias tidak bisa ditawar lagi. waktu dilihat-lihat, ternyata harga kaos bali, harganya sama dengan harga yg udah ditawar mati-matian di Sukawati. walah, kalau tahu begini, beli disini saja.
tapi tetep , disini tidak ada celana yang kucari 😛

waktu gw datang, sayangnya laut sedang pasang, jadi tidak bisa mendekati pura. di dalam area juga ada tempat makan dengan view ke laut. cocok untuk yg mau dinner sambil lihat sunset.
kalau mau irit lagi, setelah masuk jangan langsung turun ke arah pura, tapi langsung belok kanan, arahnya menuju ke atas. dari sana, ada bagian tebing yg sedikit menjorok dan bisa melihat pura dari atas. ada tempat istirahat yg bisa kita pakai buat tempat makan. makanannya tentu bawa dari luar.

disini juga banyak dijumpai para tukang foto yg menawarkan jasanya, cuma kasihan juga melihat mereka yg susah dapat pelanggan. hari gini Hp ga ada potonya, ya tidak mungkinlah. cuma kalau kalian mau mendapatkan hasil foto yg pro, bolehlah pakai jasa mereka. hasilnya memang lebih bagus dan mereka tahu mana angle yg bagus buat ambil foto.

menurut gw, ini spot numero uno yg harus dikunjungi, terutama buat yg baru pertama kali. belum bisa dibilang ke Bali kalau belum kesini.

tambahan (di luar itinerary)
bagian ini sebenarnya diluar rencana, tapi karena sudah diundang dan ga tau kapan lagi bisa kesana, jadinya terpaksa beberapa spot dihapus dari daftar.
dari Tanah Lot, kita kembali ke hotel dulu, buat mengembalikan mobil sewa. perjanjiannya mobil dijemput di hotel. kalau kalian mau dijemput di bandara atau di tempat lain di sekitar daerah Kuta juga bisa, tanpa fee.

oleh tuan rumah kita diajak keluar makan . makan siang di resto sunda di Denpasar, lupa gw namanya. makanannya juga enak, terutama sop buntut bakarnya, enak sekali. porsinya juga banyak, bisa untuk 2 orang, harganya 32.5k. millshake vanilanya juga enak, harganya 18k. total habis lumayan juga. kalau harus bayar sendiri bisa menguras kantong….jadi makan siang lewat.

habis itu diajak ke Mall Discovery di Jl Kartika Plaza Kuta. dari airport, kalau mau ke Kuta pasti melewati mal ini. view belakang mal juga bagus karena langsung menghadap pantai, enak juga buat kongkow-kongkow sambil melihat sunset.

tadinya mau makan malam di Jimbaran, tapi sialnya hujan turun deras. karena hujan tidak berhenti, akhirnya kita makan di resto seafood di Discovery Mal. viewnya menghadap ke pantai, tapi percuma juga karena gelap dan hujan. tempatnya lumayan enak. ada paket buat berempat dengan harga 500k. menunya, kakap bakar/goreng, udang mentega, cumi goreng tepung, kerang bakar, cah kangkung dan untuk desert buah-buahan.
kalau 5 orang juga tidak masalah memesan paket ini, porsinya cukup banyak kok.
selesai makan kita langsung diantar pulang ke hotel dan istirahat karena besok pagi sudah harus pulang ke Jakarta.

θ Bali Day 1

θ Bali Day 2

θ Bali Last Day

θ Itinerary Bali

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: